Sunday, November 11, 2012

Lemper Ayam

Lemper Ayam, kue tradisional Indonesia


Akhirnya saya buat lemper setelah ditanyakan teman saya dari Australia, Lenny.  “Apakah kamu punya resep lemper?” Apa???  Gua tidak pernah bikin Len, soalnya tinggal beli saja."
Selama ini belum terpikir buat penganan ini karena mudah diperoleh kalau kita belanja ke pasar hehehe.

Setelah dipikir-pikir kok saya tertantang juga buat lemper karena selama ini suka beli tapi tidak pernah buat. Akhirnya karena tadi malam tidak bisa tidur setelah jam 2 subuh, daku bak bik buk di dapur, mulai grind bumbu untuk bahan isian, peras kelapa, kukus beras ketan yang telah di rendam.  Bolak balik buka kulkas tidak ketemu daun jeruk, padahal merasa ada daun jeruk, alamak kurang deh satu bahan.  Ya sudah,  tetap lanjut tanggung untuk membuat lemper.

Sambil menunggu ketan kukus matang, daku cuci daun pisang dan mengeringkannya.  Akhirnya jam ketan sudah matang, mulai deh memasukkan adonan ke cetakan lemper yang khusus daku beli di pasar Senen, lumayan membantu. Oh yah, supaya tangan tidak mudah lengket daku pakai sarung tangan plastik yang khusus untuk makanan.  Sarung ini sangat membantu dan yang pasti hygiene deh.

 

Resep

Sumber: Yasa Boga
Modified by Kimkim
Bahan:
500 gr beras ketan putih, rendam 2 jam, tiriskan
250 ml santan dari 1 btr kelapa
1 sdt garam
2 lbr daun pandan, buat simpul
Bahan Isi:
1 ekor ayam kampung yang kecil, rebus lunak, angkat, tiriskan
1 lbr daun salam
1 btg serai, memarkan
2 lbr daun jeruk (optional), lebih enak pakai, lebih wangi
200 ml santan dari 1/2 btr kelapa
Bumbu dihaluskan:
1 sdt ketumbar
3 buah bawang putih
6 buah bawang merah
2 btr kemiri, sangrai
1/2 sdt asam, larutkan dengan air hangat, ambil 1 sdt airnya
1/2 sdt garam
2-3 sdt gula merah
1/2 sdt kaldu jamur atau kaldu ayam
Jeruk nipis secukupnya
Isi: Lepaskan daging ayam, cabik-cabik, iris halus. Tumis bumbu halus sampai harum, tuangin santan, masukkan semua bahan isi, masak dengan api kecil sampai kering. Angkat, dinginkan.
Kukus ketan dengan daun pandan sampai setengah matang, keluarkan, pindahkan ke panci. Tuangkan santan, beri garam, jerang di atas api kecil sampai santan terisap habis oleh ketan sampai sesekali diaduk. Kukus kembali sampai matang.
Selagi panas, ambil sebagian adonan ketan masukkan ke cetakan lemper, isi dengan dengan ayam, tutup dengan ketan lagi. Ratakan, keluarkan dan bungkus dengan daun pisang.
 
Resep ini teruji dengan sukses dan enak, silakan dicoba.
 
 
 
 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...