Monday, November 12, 2012

Pumpkin Custard; Srikaya Labu Kuning

Pumpkin Custard atau Srikaya Labu Kuning

Dessert ini sebetulnya terkenal dari Thailand, tapi dessert ini juga ada di Indonesia. Kebetulan lagi lihat lihat resep dari Yasaboga yaitu "Kue-kue Indonesia", ketemu dengan resep ini dan ternyata resep ini berasal dari Sumatera. Walaaah ternyata ada kesamaan budaya antara Indonesia dan Thailand.

Kalau di Thailand, dessert ini dikenal dengan nama Sankaya. Di Indonesia dessert ini dikenal dengan Srikaya Labu Kuning.

Jangan ditanya penampakan luarnya, kelihatan tidak menarik jikalau belum dipotong, setelah icipan pertama, langsung minta lagi. Perpaduan antara srikaya dan labu sangat cocok. Labu yang saya gunakan adalah kabocha. Teksturnya seperti ubi jalar.



Resep Srikaya Labu Kuning
Sumber : Yasaboga
Modifikasi by kimkim

Bahan:

1 buah labu kuning yang sedang, lebih enak pakai Kabocha
8 btr telur
250 ml santan kental dari 1 1/2 btr kelapa, bisa juga pakai santan instant 200 ml kemudian tambahkan air 50 ml
200 gram gula merah, iris halus
50 gram gula pasir
1/2 sdt garam
1/4 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt adas manis bubuk (saya skip)
2 lbr daun pandan, remas remas

Cara membuat:

Potong bagian atas labu atau lubangi bagian atas sehingga bergaris tengah kurang lebih 12 cm. Sisihkan bagian atas tersebut. Keruk semua bagian yang berserabut dan biji nya hingga bersih. Cuci dan tiriskan. Kocok telur dan gula sampai larut, masukkan semua sisa bahan. Aduk rata, kemudian masukkan daun pandan, remas remas. Saring larutan dan tuangkan ke dalam labu sampai penuh, tutup dengan potongan labu sehingga tampak utuh kembali. Kukus matang kurang lebih 45 menit dengan api sedang. Potong-potong setelah dingin. Paling nikmat disajikan setelah dimasukkan ke kulkas.




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...